Laman

Kamis, 20 September 2012

Passion itu Penting !


Passion itu ?
Bagimana passion untuk seorang mahasiswa ?


Passion, dalam Bahasa Indonesia berarti “hasrat”. Passion juga dapat diartikan sebagai keinginan yang besar disertai emosi yang kuat untuk mewujudkan suatu tujuan, atau kalau kita kaitkan dengan kesukaan akan suatu bidang, passion adalah rasa suka yang besar tehadap bidang tertentu, yang membuat kita tertarik dan terus menggeluti bidang tersebut. Dengan passion inilah, banyak orang-orang besar lahir. Contohnya saja Bill Gates yang sangat mencintai dunia software, Warren Buffett yang menyukai dunia bisnis, Steve Jobs yang dengan passion di produk IT nya, Bong Chandra di bidang bisnisnya, dan masih banyak lagi orang-orang yang sukses karena passionnya. Passion inilah yang harusnya juga dimiliki mahasiswa yang notabene sebagai generasi harapan bangsa.
Jika kita melihat mahasiswa dari aspek karakternya yang idealis, kritis dan kreatif, seharusnya itu bisa menjadi modal dasar dan potensi besar dalam diri mahasiswa untuk melakukan sesuatu perubahan di sekitarnya. Dan modal dasar serta potensi besar inilah yang harus dikembangkan dengan passion. Dengan hasrat kuat dalam suatu bidang, maka yang lahir adalah keikhlasan dan ke-enjoya-an dalam menggeluti bidang tersebut. Misalnya saja, seorang mahasiswa yang menyukai dunia telekomunikasi, maka dia dengan keinginan yang kuat dan senang hati akan berkecimpung di bidang tersebut, dan nantinya akan melahirkan penemuan-penemuan baru di bidang telekomunikasi. Atau ketika seorang mahasiswa memiliki passion umtuk berorganisasi, maka mahasiswa itu akan bergerak untuk berkontribusi total di organisasinya.


Passion dalam diri mahasiswa inilah yang harus ditemukan kemudian dikembangkan. Banyaknya mahasiswa yang kadang hanya modal “ikut-ikutan teman” untuk bergerak di bidang tertentu, justru membuat mahasiswa tersebut menderita dan menjadi beban. Hal ini akan berbeda ketika mahasiswa berkecimpung di bidang sesuai passionnya, ini akan membuat mahasiswa dapat begerak secara total di bidangnya, sesuai karakternya yang idealis, kritis dan kreatif.
Pentingnya passion bagi mahasiswa menjadikan, bukan “mahasiswa seharusnya memiliki passion” melainkan, “mahasiswa harus memilki passion”. Walaupun pada kenyataanya pencarian passion dalam diri bukanlah hal yang sulit karena itu sangat bersentuhan dalam kehidupan sehari-hari, namun tak semua orang menemukan passionnya secara langsung. Seringkali kita merasa goyah, benarkah ini yang saya inginkan? Benarkah ini yang menjadi passion saya? Berikut hal-hal yang bisa membuat mahasiswa menemukan passionnya.
Menuliskan hal-hal yang disuka
Menuliskan tokoh-tokoh yang paling menginspirasi
Mulai melakukan hal-hal yang disuka dan rasakan saat melakukan pekerjaan tersebut
Ketika bidang yang dimaksud adalah passion, maka mahasiswa akan terus memiliki hasrat untuk terus menggeluti bidang tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar