Laman

Rabu, 03 Oktober 2012

Keep Calm, Say No to TAWURAN !




           
   

               
          Apa sih itu tawuran sebenarnya ?
            Lalu, Apa manfaat atau dampaknya?

          Fenomena yang terjadi akhir- akhir ini mengenai tawuran antar pelajar semakin merebah. Dimana, tawuran termasuk hal yang negatif  apapun alasannya. Kebanyakan tawuran dilakukan oleh para pelajar. Alasan untuk melakukan tawuran biasanya dipicu karena hal- hal sepele, membela harga diri, gengsi antar komunitas, merasa lebih dibandingkan dengan lawannya.
          Secara definisi, Tawuran merupakan suatu kegiatan perkelahian atau tindak kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok atau suatu rumpun masyarakat. Di Indonesia sendiri tawuran telah menjadi tradisi, atau bahkan budaya. Tawuran tidak mempunyai manfaat sama sekali, hanya dampak negatif yang diperoleh yakni seperti mengganggu ketertiban, dan keamanan umum. Bahkan dari aksi tawuran ini tak sedikit banyak korban luka hingga korban tewas yang berjatuhan. Lantas bagaimana cara menghindari Tawuran ?
- Peran orang tua untuk mengawasi pergaulan bebas anaknya.
- Menamkan moral dan etika yang baik.
- Memperdalam iman


           Melihat tawuran antar pelajar yang semakin marak dan bahkan tidak sedikit yang menyebabkan korban jiwa membuat rasa khawatir tersendiri. Baru- baru ini pula terjadi tawuran siswa SMA di Jakarta yang mengakibatkan korban jiwa meninggal yang tidak pantas untuk ditiru. Namun, akankah ada hukuman dari aparat penegak hukum untuk pelaku tawuran ini.


Banyaknya dampak negatif tentang tawuran sebaiknya perlu adanya hukuman yang dapat membuat pelajar jera unutk tidak melakukan tradisi buruk ini. Selain itu sebaiknya, mereka diberi sosialisasi perilaku guna memotivasi para pelajar agar tidak mengulangi perbuatannya. Mereka yang menjadikan tawuran sebagai kebiasaan sebaiknya juga perlu disalurkan mengikuti pelatihan tinju, silat, judo atau taekwondo. Sehingga mereka dapat menyalurkan hobi dengan jalur yang positif. Dengan demikian, siswa- siswa yang suka melakukan tawuran tidak hanya membuang tenaga atau kemampuan lebih mereka dengan sia- sia. Tawuran kegiatannya yang sia- sia dan tidak menghasilkan apa- apa.
Katakan TIDAK untuk Tawuran !



STOP TAWURAN mulai sekarang, Bangun tali persaudaraan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar