Laman

Rabu, 14 November 2012

Melek Digital untuk Startup Business

"Mudah & Murah memulai Bisnis Online" 
 Taukah kita dengan perubahan zaman yang semakin kompleks ? dan masyarakat yang semakin melek dengan teknologi digital.
Ya..Perubahan zaman ini tidak hanya pada bidang tertentu, namun sudah hampir semua bidang.. Seperti halnya bidang perdagangan atau istilah "kerennya" --> Bisnis
Masyarakat Indonesia dewasa ini semakin pintar, semakin jeli dan semakin sibuk. Dan berbicara mengenai perubahan bidang bisnis yang terjadi saat ini, saya ingin sedikit mengulas dahulu mengenai fenomena bisnis zaman dahulu dan perubahan yang terjadi di era sekarang ini.

Fenomena Bisnis Zaman Dahulu kala :
         Pada zaman dahulu kala, awal mula sebuah bisnis sangat bergantung dan membutuhkan sumber daya secara fisik selalu ada ditempat untuk proses perdagangan. Persepsi lama tentang transaksi dalam perdagangan selalu dibatasi oleh anggapan yang menyatakan antara pembeli dan pejual harus bertemu secara langsung untuk mengadakan interaksi jual beli. Dalam perdagangan tradisional, antara penjual dan pembeli melakukan kegiatan transaksi, bertemu bersama secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar yang terjadi. Biasanya mereka menjual kebutuhan sehari-hari seperti ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian, barang elektronik, jasa dan sebagainya. Perdagangan seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya terletak dekat kawasan perumahan dan perkampungan. Namun kekurangan dari perdagangan seperti ini adalah keadaannya yang cenderung kotor dan kumuh sehingga banyak orang yang segan berbelanja, tidak efisiensi dalam penggunaan sumber daya, rawan kriminalitas, pengunjung bisa kelelahan saat memilih barang- barang yang beragam, ramai dan berdesak- desakan di tempat penjualan, setiap orang belum tentu mempunyai waktu untuk sekedar memilih dan berbelanja secara langsung di pusat perbelanjaan offline karena faktor kesibukannya.

Fenomena Bisnis Zaman Modern Sekarang :
     Seiring kemajuan teknologi dan internet sekarang ini masyarakat Indonesia semakin "melek" teknologi digital dalam berbisnis. Dalam hal ini, model bisnis modern sekarang yaitu pembeli dan penjual tidak mengharuskan bertemu secara langsung, tetapi mereka cukup berada di tempat yang berbeda atau berjauhan. Artinya, dalam proses perdagangan ini hanya membutuhkan kesepakatan antara penjual dan pembeli saja. Bisnis modern ini sangat didukung oleh teknologi digital dan internet.
    Bisnis modern sekarang ini, populer disebut bisnis online. Bisnis online adalah sebuah kebiasaan baru masyarakat akhir- akhir ini. Jumlah transaksi yang menggunakan Internet alias belanja online terus meningkat, di bawah 1% di tahun 2000 menjadi 3% di tahun 2008.
     Dan taukah kita, bahwa bisnis online sangat ramah lingkungan? Mengapa demikian? Belanja secara online dapat mengurangi pengangkutan dari gudang ke toko atau pusat distribusi, tetapi menaikkan penggunaan energi untuk pengoperasian server di pusat data  (data center) serta proses pengepakan barang per satuan. Meskipun pemesan barang tidak perlu transportasi, pengantaran barang ke konsumen akhir umumnya tetap menggunakan kendaraan bermotor yang tentu mengeluarkan emisi karbon dioksida. Hasil studi lembaga peduli lingkungan Green Design Institute – Carnegie Mellon University pada akhir tahun 2008 menemukan kesimpulan bahwa belanja online menggunakan konsumsi energi 30% lebih rendah dan juga menurunkan emisi karbon 30% lebih rendah daripada model transaksi bisnis tradisional.
     Sehingga, tak diragukan lagi bahwa sekarang zaman sudah mengalami transformasi bisnis tradisional menuju bisnis online. Bisnins online ini berbeda dengan bisnis sebelumnya karena memiliki prospek bisnis  yang cukup besar. Peluang bisnis yang terbilang cukup mudah dan murah untuk dijalankan ini mampu memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya. Mulai dari  berjualan barang maupun menawarkan jasa, hingga membantu penawaran produk yang banyak diminati para pencari usaha.
     Bisnis online ini, sekarang banyak dijalankan oleh masyarakat dan memiliki pelanggan yang beragam dan tidak terbatas ruang dan waktu. Kelebihan berbisnis online yaitu diantaranya dapat dikelompokkan berdasarkan manfaatnya bagi :
1. Bagi  perusahaan/ penjual :
a.Membutuhkan modal yang relatif kecil namun menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.
b.Bisnis online dapat dilakukan dimana saja, misalnya bisa dilakukan cukup dirumah sehingga tidak memerlukan biaya operasional yang mahal.
c.Memiliki jangkauan pasar yang luas karena dukungan jaringan internet sehingga bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia bahkan seluruh manca negara di dunia.
d.Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas yaitu 24 jam nonstop tiap harinya. Dalam bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima sistem
e.Memberikan kemudahan pelayanan pada calon pembeli karena fasilitas layanan transaksi online.
f.Informasi selalu dapat up to date setiap saat.
2. Bagi konsumen
a.Pelanggan tidak harus susah dan capek- capek datang ke tempat penjualan dan memilih satu persatu barang yang diinginkan dengan berdesak- desakan sesama pembeli. Mereka cukup melihat model barang yang akan dibeli melalui foto yang bisa diakses melalui internet dan bisa melakukan transaksi secara aman secara online.
b.Lebih banyak pilihan produk dan jasa.
c.Pembeli tidak dikenakan pajak penjualan.
3. Bagi masyarakat umum
a.Dapat mengurangi kemacetan akibat tempet perbelanjaan yang ramai dikunjungi pembeli
b.Meningkatkan daya beli masyarakat
c.Mengurangi pengganguran karena masyarakat bisa berwirausaha dengan memulai berbisnis online
d.Dapat mengurangi pemakaian bahan bakar minyak akibat pemakain kendaraan untuk transportasi ke tempat- tempat perbelanjaan. 

Melihat banyaknya kelebihan dan manfaat transformasi perdagangan tradisional menjadi perdagangan modern membuat masyarakat untuk "melek digital untuk StartUp Business" cara cocok untuk semua kalangan pembisnis, kalangan pengusaha, kalangan pembeli yang ingin menawarkan atau membeli produk/ jasa dengan memilih teknologi digital dalam mendukung aktivitasnya.

" Tulisan yang berjudul "Melek Digital untuk StartUp Business- Mudah & Murah memulai Bisnis Online" ini di ikutsertakan dalam lomba blog dari Dunia Axis Melek Digital untuk Startup Business Blog Competitio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar