Laman

Selasa, 04 Desember 2012

Fuzzy Oh Fuzzy



Fuzzy adalah sebuah logika dan temasuk artificial inteligent. Nah, berikut penjelasan sedikit mengenai Logika fuzzy, cekidot :D 
          Logika fuzzy dikembangkan pertama kali oleh Prof. Lotfi A. Zadeh melalui tulisannya pada tahun 1965 mengenai teori himpunan fuzzy. Prof. Lotfi A. Zadeh merupakan salah satu ilmuwan asal Amerika Serikat yang berkebangsaan Iran dari Universitas California di Barkeley. Logika fuzzy sudah banyak diterapkan beberapa bidangyaitu dari teori kendali sampai kecerdasan buatan.
            Kebanyakan orang mengatakan logika fuzzy sebagai logika baru yang lama karena ilmu logika fuzzy modern dan metodis baru ditemukan beberapa tahun yang lalu. Namun, sebenarnya konsep logika fuzzy itu sendiri sudah ada pada diri kita sejak lama. Logika fuzzy merupakan peningkatan logika Boolean yang mengenalkan konsep kebenaran sebagian, dan menggantikan kebenaran Boolean dengan tingkat kebenaran. Logika ini adalah komponen pembentuk soft computing. Logika fuzzy dapat digunakan sebagai cara yang tepat dalam memetakan permasalahan dari ruang input ke dalam ruang output. Dalam hal ini dasar logika fuzzy adalah teori himpunan fuzzy. Teori himpunan fuzzy, peranan derajat keanggotaan untuk menentukan keberadaan elemen dalam suatu himpunan. Nilai keanggotaan atau derajat keanggotaan menjadi ciri utama dari penalaran dengan logika fuzzy tersebut. Logika fuzzy memungkinkan nilai keanggotaan antara nol (0) dan satu (1). Logika fuzzy bisa dikatakan sebagai kotak hitam yang menghubungkan permasalahan dari ruang input menuju ke ruang output  (Gelley, 2000). Pada kotak hitam tersebut berisi metode yang digunakan mengolah data input menjadi output dalam bentuk informasi yang baik.
            Logika fuzzy umumnya diterapkan pada masalah- masalah yang mengandung unsur ketidakpastian (uncertainty), ketidaktepatan (imprecise), noisy, dan sebagainya. Logika fuzzy menjembatani bahasa mesin yang presisi dengan bahasa manusia yang menekankan pada makna atau arti (significance). Logika fuzzy sangat baik digunakan dalam penyelesaian masalah karena beberapa alasan, diantaranya yaitu:
  1. Konsep logika fuzzy dapat mudah dimengerti karena penalaran yang digunakan sangat sederhana.
  2. Konsep logika fuzzy sangat fleksibel.
  3. Konsep logika fuzzy mempunyai sifat toleransi terhadap ketidaktepatan data.
  4. Konsep logika fuzzy dapat memodelkan fungsi- fungsi nonlinear yang kompleks.
  5. Konsep logika fuzzy dapat digunakan dalam membangun dan mengaplikasikan pengalaman- pengalaman para pakar secara langsung tanpa harus melalui proses pelatihan.
  6. Konsep logika fuzzy dapat bekerjasama dengan teknik- teknik kendali secara konvensional.
  7. Konsep logika fuzzy didasarkan pada bahasa alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar